Jose On Thursday 28 March 2013

Banyak hotel mewah tersebar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya bahkan dibangun karena terispirasi dari karya sastra. Para pengunjung tentunya akan merasakan sensasi yang berbeda bila menginap di hotel-hotel itu.
Mengutip Flaworwire, berikut tujuh hotel mewah yang terispirasi dari karya sastra seperti dilansir situs Mizan
 
1. Hotel de Glace, Canada
http://www.mizan.com/datafitur/news_img/1/201302/ice%20hotel.jpg
Hotel ini terkenal karena menyediakan kamar yang terbuat dari es. Sang pemilik terinspirasi oleh karya Jules Verne, Journey to the Center of the Earth, hingga membuat hotel yang bertemakan “Journey to the Center of Winter” ini. Di hotel ini, pengunjung akan bisa merasakan sensasi tidur di atas balok es yang telah dirancang sebagai tempat istirahat.

 
2. The Sylvia Beach Hotel, Oregon, Amerika Serikat
http://www.mizan.com/datafitur/news_img/1/201302/beach%20hotel.jpg
Nama hotel ini berasal dari seorang wanita kelahiran Amerika Serikat yang membuat sebuah toko buku klasik bernama Shakespeare and Company, yang paling terkenal di Perancis. Kamar di hotel ini terbagi atas beberapa klasifikasi: Classics, Best Seller, dan Novel (tipe Classics adalah yang termahal), dan memiliki tema sesuai dengan masing-masing penulis, mulai dari Jane Austen, Mark Twain, Dr. Seuss hingga J.K. Rowling. Di hotel ini, tamu yang menginap tidak akan menemukan televisi, radio, telepon, apalagi jaringan internet, karena membaca adalah kegiatan yang digalakkan di hotel ini.

 
3. Inn BoonsBoro, Maryland, Amerika Serikat
http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/50589675.jpg
Hotel ini dibuka oleh penulis wanita ternama Amerika Serikat, Nora Roberts, di tahun 2009. Ruangan di kamar ini tidak diberi nomor, tapi diberi nama berdasarkan pasangan-pasangan terkenal di dunia kesusasteraan, seperti Jane dan Rochester dari novel “Jane Eyre”. Tetapi, pengunjung tak akan menemukan kamar bernama Romeo dan Juliet, karena Nora Roberts hanya menggunakan pasangan yang memiliki akhir cerita yang bahagia.

 
4. The Hobbit Motel, Woodlyn Park, Waitomo, Selandia Baru
http://www.mizan.com/datafitur/news_img/1/201302/hobbit%20motel.jpg
Inilah hotel hobbit pertama yang pernah ada. Para tamu yang menginap di hotel ini akan merasakan tidur di liang hobbit seperti Bilbo dan Frodo Baggins, dua karakter ternama dari karya J.R.R. Tolkien, The Hobbit dan trilogi The Lord of the Rings.

 
5. Radisson Sonya Hotel, St. Petersburg, Rusia
http://www.radisson.ru/images/en/sonyahotel-stpetersburg/1295404659418.jpg
Dekorasi hotel mewah ini terinspirasi dari karya Fyodor Dostoyevsky yang terkenal, Crime anda Punishment. Di lobi utama, pengunjung akan menemukan lukisan Sistine Madonna karya Rafael, yang menjadi obsesi tersendiri bagi Dostoyevsky, dan kerap muncul di novelnya.
 
6. Le Pavillon des Lettres, Paris, Prancis
http://www.mizan.com/datafitur/news_img/1/201302/paris%20letter%20hotel.jpg
Ada 26 ruangan di hotel ini, yang mewakili huruf yang ada dalam alfabet. Setiap alfabet akan mewakili satu pengarang yang namanya diawali dengan huruf itu (seperti Andersen, Hans Christian untuk huruf A hingga Zola, Emile untuk huruf Z). Setiap kamar juga dihiasi dengan kaligrafi kutipan yang berasal dari pengarang yang bersangkutan, hingga pengunjung akan merasa lebih dekat dengan pengarang pujaannya.

 
7. Maison Moschino, Milan, Italia
http://www.mizan.com/datafitur/news_img/1/201302/slice%20italy%20hotel.jpg
Hotel ini memiliki konsep negeri dongeng, seperti Alice di Negeri Ajaib ataupun Gadis Bertudung Merah. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan tidur di dunia dongeng dan fantasi.


8. Hemingway Hotels and Resorts
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEio9FY5mn3UbLAIQS7LHxJk-_-WHKaJYVCdrLzi7VO_cyhInVi0_PovWLmvfISt_wSluc9xVO1vlkrwbXwL5K5fCnOrf5qdIDv7urVhWuHPztslo1ReIPUQfoJ-eeelyuIkHYg3UBAzf20/s1600/hemingway-hotel.jpg
Hotel ini memang belum dibuka. Namun Hemingway Ltd., perusahaan yang dimiliki oleh keluarga Ernest Hemingway, sastrawan peraih nobel sastra dari Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka akan membangun hotel dan resort berdasarkan kehidupan dan gaya hidup penulis legendaris itu. Seperti apakah hotel yang terinspirasi dari kehidupan penulis cerita “Lelaki Tua dan Laut” itu? Kita nantikan saja bersama. 

9. The Library Hotel, New York, Amerika Serikat
http://cls.cdn-hotels.com/hotels/1000000/540000/533500/533436/533436_414_b.jpg
Hotel ini memang bukan terinspirasi dari karya sastra, tapi hotel ini masih layak dimasukkan ke dalam daftar, karena perpustakaan adalah tempat segala macam buku berada. Bagi Anda yang mendambakan bisa tidur di dalam perpustakaan, tempat ini sangat cocok bagi Anda, karena setiap lantai memiliki tema yang berbeda-beda, mulai dari Bahasa, Sastra, Sejarah, Filosofi, dsb. Setiap kamar di ruangan itu memiliki tema yang sesuai dengan tema ruangannya, yang semuanya diatur berdasarkan penomoran Desimal Dewey.
 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

My Blog List